Meriahkan Hari Jadi ke-73, Kemenag Batang Gelar Khitanan Massal

Batang - Dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73, sejumlah 15 anak dikhitan secara massal di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang, Minggu (10/2/2019).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang, Kudaifah dalam sambutannya mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73, kami melaksanakan khitanan massal kepada ke-15 anak yang berada di sekitar lingkungan Kecamatan Batang. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mentasarufkan dana infaq dan sodaqoh dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Batang.

“Dana itu dikumpulkan dari sebagian gaji mereka, kemudian dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, yang salah satunya digunakan dalam kegiatan khitanan massal,” tuturnya.

Ia juga menerangkan, sebelumnya dana tersebut digunakan pula untuk pembelian sapi bagi masyarakat, pemberian tali asih pada panti asuhan dan fakir miskin di Kabupaten Batang.

“Jumlah keseluruhan dana infaq dan sodaqoh yang terkumpul mencapai Rp275 juta, yang semuanya digunakan untuk kemakmuran umat,” terangnya.

Menurutnya, sebagai ASN harus memiliki prinsip bahwa ke depan infaq dan sodaqoh dari para ASN Kantor Kemenag Batang harus lebih meningkat lagi. Kepada ASN, mudah-mudahan dengan keikhlasan yang melandasi hati, Allah pasti akan memberikan balasan yang setimpal dan semakin menyadarkan bahwa betapa pentingnya kepedulian sosial menggunakan harta yang dimiliki.

“Dan berprinsip bahwa rezeki yang kita miliki itu, bukan 100 persen milik kita, melainkan sebagian adalah milik para fakir miskin dan yatim piatu,” ungkapnya.

Kudaifah menambahkan, kepada anak-anak yang telah dikhitan oleh tim medis yang telah teruji, semoga lekas sembuh, sehat dan menjadi anak yang soleh.

Sementara itu, Danramil 10/Batang Kapten Inf Bardi mengucapkan selamat kepada Kantor Kemenag Batang pada Hari Amal Bakti ke-73. 

“Alhamdulillah pagi hari ini Kemenag Batang menyelenggarakan khitanan massal, semoga kegiatan ini menjadi amal baik panjenengan,” ungkapnya.

Danramil juga berpesan kepada peserta khitan, supaya dapat menjaga kesehatan dan jangan sampai setelah dikhitan, berbuat kemaksiatan. 

Selain itu, Kapten Bardi mengharapkan dukungan dari warga Batang, agar dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan menjadi semakin baik lagi. 

Sebelum pelaksanaan khitanan massal para peserta diikutkan dalam pawai didampingi Danramil 10/Batang Kapten Inf Bardi bersama para orang tua. Di akhir khitanan massal, setiap peserta diberikan bingkisan oleh Kepala Kantor Kemenag Batang Kudaifah berupa satu buah tas, buku tulis dan uang sebesar Rp300.000,00. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial