Diskominfo Batang Jadi Kiblat Smart City Demak dan Wonosobo

Batang - Banyak Kabupaten/Kota di Indonesia yang menjadikan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang sebagai rujukan dan kiblat untuk menuju Smart City. 

Dua Kabupaten yang berkunjung secara bersamaan yaitu Kabupaten Demak dan Kabupaten Wonosobo untuk memperoleh segala ilmu tentang bentuk kelembagaan, program dan jumlah anggaran yang diperlukan dalam membangun Smart City di Ruang Analitic Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (14/3/2019).

Kepala Diskominfo Kabupaten Demak, Daryanto mengutarakan, dengan berkunjung ke Diskominfo Kabupaten Batang, dapat memperoleh informasi yang lengkap, yang langsung diterapkan. 

“Kiblat kami selain Diskominfo Kota Semarang dan Kota Bandung, juga Kabupaten Batang menjadi salah satu bagian yang tidak bisa terlepas untuk mewujudkan Smart City. Kerja sama antara Kabupaten Demak dengan Kabupaten Batang, sudah terjalin sejak dua tahun lalu, terutama semenjak ditandatanganinya nota kesepahaman antar kedua kabupaten tersebut untuk implementasi aplikasi e-Planing dan e-Budgeting, dilanjutkan di tahun kedua Simpelbang dan e-Sakip,” paparnya.

Ia menjelaskan, setelah mendengarkan paparan dari Kepala Diskominfo Kabupaten Batang, Jamal Abdul Naser, kami mendapatkan hal penting tentang aplikasi e-Government, yang akan diimplementasikan tahun 2019 yaitu e-Planing dan Simpelbang.

“Terima kasih kepada Diskominfo Kabupaten Batang, karena banyak ilmu yang didapat dan harapannya kerja sama ini bisa berlanjut,” pungkasnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Wonosobo, Eko Suryantoro menambahkan, kunjungan ke Diskominfo Kabupaten Batang ini merupakan bagian dari persiapan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Wonosobo dengan Kementerian Kominfo RI di Jakarta.

“Bekal-bekal inilah nanti yang akan diterapkan melalui pembelajaran dari Diskominfo Kabupaten Batang, pada sesi diskusi bersama Kementerian Kominfo RI,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, dalam bidang penganggaran ada ilmu yang sudah dapat dikover dan diusulkan pada perubahan anggaran.

“Dengan belajar langsung ke Diskominfo Kabupaten Batang, kami menjadi terbuka dan mengetahui tentang segala sesuatu yang perlu dilakukan,” katanya.

Eko mengharapkan, agar Diskominfo Kabupaten Batang tetap berkenan, jika suatu ketika kami berkunjung untuk belajar kembali, tentang Smart City. 

“Program Smart City dari Kabupaten Batang, sungguh luar biasa, karena sudah selangkah lebih maju dari Wonosobo. Sehingga kami harus mampu mengadopsi semua kelebihan dan yang telah dilakukan Kabupaten Batang, terlebih Pak Jamal merupakan senior di Diskominfo, sehingga kami tidak segan-segan “ngangsu kawruh” (untuk belajar) kemari,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Batang, Jamal Abdul Naser, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Diskominfo Kabupaten Demak dan Wonosobo yang berkunjung untuk berdiskusi bersama tentang penerapan Smart City di kabupaten masing-masing.

“Hal ini merupakan kebanggaan bagi kami, semoga program Smart City dapat cepat terealisasi dengan kerja sama dari seluruh pihak. Kami pun dengan tangan terbuka selalu siap membagikan ilmu yang bermanfaat, sehingga semua daerah dapat maju bersama,” ungkap Jamal Abdul Naser. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial