KPU Batang Mantapkan Tata Cara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara

Batang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, memantapkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 di Hotel Dewi Ratih Kabupaten Batang, Jumat (12/4/2019).

"Kita harus berlari menyongsong Pemilu yang tinggal hitungan hari, sehingga persiapan dan pemantapannya, baik logistik maupun teknisnya di lapangan harus benar - benar siap, sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," kata anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Gunadi Fitriyanto. 

Kita sudah melaksanakan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara lanjutnya, tinggal implementasinya pada saat pelaksanaan. Oleh karena itu, kami berharap seluruh permasalahan yang terjadi tiap tingkatan hendaknya diselesaikan di tingkatannya. 

"Begitu juga dengan surat mandat dari saksi harus ada, sehingga hak - hak dan kewajiban mereka dapat terpenuhi," sambungnya. 

Sementara, anggota KPU Divisi Penyelenggaraan Pemilu Aris Setya Budi menjelaskan, kegiatan ini merupakan pemantapan tata cara rekapitulasi di tingkat PPK yang akan dilaksanakan pada 20 April sampai dengan selesai. 

"Ada potensi kekurangan waktu, karena dari hasil simulasi Provinsi untuk menyelesaikan tingkat desa dalam satu TPS dibutuhkan waktu 60 menit, sehingga disini PPK harus jeli berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rekapitulasi," katanya.

Namun demikian lanjutnya, oleh KPU RI diberikan ruang untuk mempermudah hal ini dengan menggunakan panel atau kelompok. Jadi, nanti dalam satu PPK kemungkinan ada empat panel atau kelompok, sehingga dapat mempersingkat waktu. 

"Untuk target waktu sesuai dari surat KPU No. 653 jumlah TPS 1- 200 di Kecamatan diberikan waktu lima hari, kemudian 201-400 sampai 10 hari," terangnya. 

Adapun jumlah TPS terbanyak di Kabupaten Batang ada di Kecamatan Batang sejumlah 393 TPS. Sehingga, asumsinya di Kecamatan Batang sampai 10 hari proses rekapitulasi di tingkat PPKnya.

Kegiatan ini dipimpin oleh anggota KPU Divisi sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Gunadi Fitriyanto dan dihadiri oleh 75 orang anggota PPK se-Kabupaten Batang. (Humas Batang, Jateng/Edo) 


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial