Minimalisir Sengketa Informasi Dengan PPID Desa

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang kembali mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Informasi Publik di Aula Balai Desa Mentosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Senin (22/4/2019).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Sekretaris Camat Gringsing dan diikuti oleh masing-masing desa yang mengirimkan Sekretaris Desa beserta satu orang tenaga admin pengelola data informasi desa.

Dengan diadakannya Bimtek ini, agar dapat terinformasikan dengan baik kepada masyarakat, sehingga sengketa informasi dapat diminimalisir. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Batang Puji Setyowati mengatakan, bimtek kali ini diikuti sekitar 15 desa se-Kecamatan Gringsing.

"Secara teknis, ini adalah sebagai tindak lanjut bimtek, dengan harapan perangkat daerah dapat mengoptimalkan tugas dan fungsi kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa  sebagai penyedia informasi utama perangkat daerah atau unit perangkat daerah," tandasnya.

Ia berharap setelah mengikuti Bimtek ini Pemerintah Desa melalui menu PPID Desa di website, dapat menampilkan semua informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, termasuk realisasi penggunaan dana desa, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Hukum Batang Tati Gondo Martono menambahkan materi tentang Pengembangan Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)

“Hak memperoleh informasi merupakan bagian dari HAM untuk itu Pemerintah, baik pusat maupun di daerah, berkewajiban dalam memfasilitasi, mengakomodir dari Hak memperoleh informasi tersebut, Selain itu saat ini ada strategi nasional untuk mengakses keadilan,” tuturnya.

“Hanya saja JDIH yang dibentuk masih memiliki keterbatasan, sehingga masyarakat belum bisa mengakses Undang-Undang yang dapat memenuhi kebutuhan mereka,” ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan ini lanjutnya, diperlukan JDIH yang dapat memberikan layanan informasi dengan mudah diakses oleh masyarakat, benar, akurat, lengkap dan faktual, sehingga kebutuhan masyarakat akan produk hukum dan perkembangannya dapat dipenuhi. (MC Batang, Jateng/Jumadi)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial