Kini, Pelayanan Penerbitan Pembuatan Paspor Bisa Diurus di Batang

Batang - Pelayanan penerbitan pembuatan paspor sekarang bisa dilakukan di Kabupaten Batang. Hal ini karena adanya kerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang. Sebagai Unit Layanan Paspor (ULP) portable di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batang, Selasa (23/4/2019).

Sekretaris Pimpinan Kantor Imigrasi Pemalang Arif mengatakan, dibukanya ULP di Kabupaten Batang untuk melayani masyarakat Batang, masyarakat Kota/Kabupaten Pekalongan, dan sekitarnya agar lebih mudah.

“Paspor merupakan sebuah buku atau dokumen penting yang berisikan mengenai identitas warga negara yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Dimana paspor ini dapat digunakan berkali-kali selama masa berlakunya masih ada dan masih sah,” jelasnya.

Syarat pembuatan paspor lanjutnya, yaitu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga, dan data identitas seperti akta kelahiran, ijazah, dan buku nikah. Jika ada persyaratan yang belum lengkap biasanya dikonsultasikan dulu agar melengkapi persyaratannya.

“Peralatan yang digunakan antara lain, alat sidik jari untuk pengambilan sidik jari, kamera untuk pengambilan foto, dan laptop yang tersambung wifi untuk memasukan data pada saat wawancara, sedangkan untuk pencetakan sementara ini tetap berada di Kantor Imigrasi Pemalang,” terangnya.

Ia menjelaskan di era teknologi, banyak kemajuan dalam pengurusan paspor. Jika dulu banyak masyarakat harus datang mengantre dari pagi hingga malam, tapi sekarang pengurusannya dapat lebih cepat dalam pelayanan paspor karena pengurusannya sudah secara online. 

“Pembayaran bisa dilakukan di Kantor Pos yang sudah disediakan ada mobil Kantor Pos karena Kantor Imigrasi Pemalang sudah bekerja sama dengan Kantor Pos. Pembayaran juga bisa lewat bank dengan biaya paspor sebesar Rp355.000,00 dengan jangka waktu tiga hari setelah pembayaran paspor langsung jadi,” ujarnya. (MC Batang, Jateng/Roza).


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial