Kiat Efektif Dapatkan Kerja Bagi Pelamar Pemula

Batang - Setelah SMKN 1 Batang dinyatakan lulus 100%, pihak sekolah tetap mendampingi dan mengarahkan lulusannya yang ingin langsung terjun ke dunia kerja, dengan menyelenggarakan acara Sosialisasi Kiat Efektif Dapatkan Pekerjaan, Bagi Pelamar Pemula di Aula SMKN 1 Kabupaten Batang, Selasa (14/5/2019).

Wakil Kepala Bidang Humas SMKN 1 Batang, Nur Hayati mengatakan, sejak awal lulusan dari SMK memang ditujukan untuk dapat langsung terjun ke dunia kerja. Namun, tidak menutupkan kemungkinan bagi mereka yang ingin meneruskan pendidikan atau berwirausaha, tetap dipersiapkan sebaik mungkin. 

“Selain materi tentang cara menghadapi tantangan dalam dunia kerja, kami juga meminta kepada narasumber untuk menyampaikan materi tentang ilmu berbicara di depan umum, supaya lebih menunjang kepercayaan diri saat menghadapi sesi wawancara,” terangnya.

Motivator Dunia Kerja, Ulul Azam, saat menjadi pemateri mengemukakan, umumnya bagi mereka yang baru pertama kali melamar pekerjaan, belum mengetahui cara menyeleksi jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. 

“Mereka dilatih untuk tertib administrasi tentang kelengkapan dalam melamar pekerjaan dan  ketika mendapat panggilan tes atau wawancara mereka mampu mengikutinya dengan baik, sehingga nantinya bisa diterima sebagai calon tenaga kerja di perusahaan yang diingingkan,” paparnya.

Ia menerangkan, sebelum melamar pekerjaan, harus membaca dengan lebih teliti pada iklan lowongan pekerjaan beserta prasyaratnya, apakah sesuai bakat atau tidak. 

“Jika memang sesuai harapan bisa dilanjutkan, tapi jika tidak sesuai, tidak perlu dilanjutkan, karena akan membuang tenaga dan pikiran,” terangnya.

Menurutnya, keberadaan manusia tetap sangat dibutuhkan, meskipun saat ini teknologi robotik sedikit demi sedikit mulai menggantikannya. Namun tidak perlu khawatir, karena manusia berkualitas dan berkompetenlah yang akan terpilih.

“Untuk menciptakan kualitas diri yang baik adalah terus berlatih, berusaha mengembangkan potensi diri, memiliki pola pikir terbuka dan tidak malu untuk selalu bertanya kepada rekan kerja atau orang lain,” ungkapnya.

Azam menambahkan, bagi karyawan yang telah lama bekerja di suatu perusahaan, terkadang timbul perasaan bosan dan tidak nyaman. Solusinya adalah selalu berpikir bahwa diri ini merasa menjadi orang yang beruntung dan bersyukur, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk “duduk” di sebuah jabatan tertentu. 

“Dan mengingat kembali segala daya upaya dan jerih payah yang telah kita lakukan untuk mendapatkan posisi terbaik saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ciswanto lulusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Batang, mengutarakan, dengan mengikuti sosialisasi ini sangat berdampak positif, karena menambah ilmu pengetahuan kita tentang cara membuat surat lamaran yang baik dan benar. Mampu menghadapi tantangan dalam dunia kerja. Dapat menjadi seorang pekerja keras, tanpa memiliki beban dalam menjalankan tanggung jawab.

“Apapun pekerjaan kita, tergantung diri sendiri. Kitalah yang harus berusaha “menyamankan” pekerjaan, bukan pekerjaan yang membuat kita nyaman,” jelasnya. 

Ia juga mengatakan, untuk menghadapi persaingan, harus menggali lebih dalam potensi diri yang dimiliki, mempunyai tata krama yang baik dan bermotto kerja yang bagus serta memiliki visi misi yang jelas.

“Sebagai kaum milenial kita juga tidak memungkiri bahwa revolusi industri 4.0 akan berkembang dan terus maju, maka generasi muda tidak boleh terpaku pada teknologi itu. Tetapi sebagai generasi milenial dari SMK harus bisa menciptakan dunia industri dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial