Safari Jumat Sarana Dekatkan Kemenag Batang dengan Umat

Batang - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang bekerja sama dengan Polres Batang dan Kodim 0736/Batang menggelar Safari Jumat ke seluruh masjid yang tersebar di seluruh Kabupaten Batang dalam rangka mentasarufkan (mengeluarkan) zakat kepada mereka yang berhak menerima, sekaligus sebagai sarana lebih mendekatkan ukhuwah islamiyah (persaudaraan Islam).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang, Taufik Rahman, saat ditemui usai mengikuti acara Safari Jumat di Masjid Baiturrahman, Dukuh Ujungsari, Desa Gringgingsari, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jumat (17/5/2019) mengutarakan, kegiatan serupa telah digelar sebelumnya di masjid-masjid terutama di desa terpencil. Hal ini dilakukan supaya silaturahmi dengan masyarakat tetap terjalin. 

“Jumat pekan ini khutbah disampaikan oleh anggota Polres Batang, pekan depan oleh anggota Kodim 0736/Batang. Kegiatan itu akan terus dilakukan secara bergantian, sekaligus untuk menyalurkan zakat kepada warga yang berhak menerimanya,” tuturnya.

Ia menerangkan, pentasarufan zakat ini dilakukan Kemenag Batang, karena merupakan instansi vertikal, bersama TNI/Polri berupaya membantu masyarakat yang tergolong fakir/miskin, yatim piatu, takmir, marbut masjid dan guru madrasah diniyah serta untuk masjid itu sendiri.

“Dana berasal dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang dibentuk Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Batang. Para Aparatur Sipil Negara yang telah menyalurkan zakatnya ke BAZNAS, kemudian 70 persen dikembalikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Besaran dana dari UPZ yang digulirkan sebesar Rp15 juta kepada 40 warga yang membutuhkan,” paparnya.

Ia menegaskan, kegiatan Safari Jumat akan terus digelar setiap pekannya, meski tidak pada bulan Ramadan. Secara rutin Kemenag bersama Polres dan Kodim Batang akan melakukan Safari Jumat, karena sudah menjadi kewajiban instansi pemerintah untuk membantu umat dan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sementara itu, Takmir Masjid Baiturrahman, Ahmad Yasin menuturkan, kegiatan ini menjadikan masyarakat bangga sekaligus bahagia, karena di dalamnya terdapat ukhuwah islamiyah. 

“Alhamdulillah Kemenag Kabupaten Batang memberikan perhatian langsung kepada warga dan Masjid Baiturrahman. Semoga kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja, tapi terus berlanjut, karena sangat membantu umat,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini menepis perbedaan antara pejabat dengan rakyat biasa. (MC Batang Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial