100 Penumpang Penuhi Stasiun Batang Per Hari

Batang - Empat bulan beroperasi, Stasiun Batang mulai bergerak cepat dalam melayani calon penumpang yang hampir didominasi tujuan ke arah Kota Semarang. 

“Per hari masyarakat Kabupaten Batang yang menggunakan moda transportasi kereta api mencapai 80 hingga 100 penumpang, baik mendaftar secara online maupun manual,” tutur Petugas Loket Stasiun Batang Salma di Stasiun Kabupaten Batang, Selasa (21/5/2019).

Ia mengatakan, proses pembelian tiket dapat dilakukan secara manual maupun online. Apabila calon penunpang menginginkan untuk melakukan pemesanan secara manual bisa langsung menuju Stasiun Batang dengan membawa Kartu Tanda Penduduk, agar terdapat kesesuaian data, lalu mengisi formulir. 

“Tetapi jika membeli tiket untuk hari H, dapat langsung membeli di stasiun tanpa harus mengisi formulir,” ungkapnya.

Sedangkan, bagi mereka yang menghendaki cara lebih praktis dan efisien, cukup melakukan pembelian tiket secara online melalui aplikasi resmi milik PT. Kereta Api Indonesia yaitu KAI Access.

Ia menjelaskan, pilih menu Local Train pada aplikasi KAI Access, pilih stasiun asal dan stasiun tujuan kemudian klik tombol “Cari Tiket”, pilih kereta lokal sesuai keberangkatan yang diinginkan. Mengkonfirmasi untuk memastikan jadwal kereta lokal yang ditampilkan telah sesuai dengan pilihan pertama. 

“Terkadang ada calon penumpang yang sedikit mengalami permasalahan saat membeli tiket secara online. Untuk mengatasinya si calon penunpang harus sesering mungkin memperbaharui aplikasi KAI Access yang telah diunduh melalui Play Store di telepon pintar,” terangnya.

Sari Purwaningrum, calon penumpang asal Desa Botolambat, Kecamatan Kandeman, mengutarakan, sampai saat ini lebih mudah melakukan pembelian tiket secara manual di Stasiun Batang, karena persediaan tiket manual lebih banyak tersedia, sedangkan secara online tidak bisa muncul. 

“Terkadang saya juga membeli tiket tujuan Stasiun Poncol - Stasiun Kota Pekalongan, tetapi turun di Stasiun Batang,” kata mahasisiwi yang sedang menempuh pendidikan pada salah satu perguruan tinggi di Semarang.

Ia mengharapkan, ke depan pelayanan pembelian tiket di Stasiun Batang agar dapat ditambah, karena sementara ini hanya tersedia pada pagi dan sore hari. Sedangkan di Stasiun Kota Pekalongan tersedia banyak pilihan. 

“Waktu pemberhentian kereta api juga disamakan dengan stasiun lain, sehingga penumpang bisa berhenti di Stasiun Batang kapan saja,” harapnya. 

Pembelian tiket secara manual dapat dilakukan langsung di Stasiun Batang pukul 09.00-11.00 WIB. Untuk pembelian tiket secara online dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access yang dapat diunduh melalui Play Store maupun membeli melalui minimarket terdekat. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis