Tingkatkan SDM Melalui Bimtek Pengelolaan Data Statistik Sektoral

Batang – Dalam upaya peningkatan penyusunan data statistik sektoral di Kabupaten Batang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang kembali menggelar Bimbingan Teknis dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Statistik Sektoral di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batang, Selasa (21/5/2019).

“Selama dua tahun program statistik sektoral di Pemkab Batang masih perlu peningkatan kelembagaan agar hasilnya lebih optimal,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser.

Menurutnya, Bimtek yang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kelembagaan untuk pengumpulan dan pengelolaan data statistik sektoral di Kabupaten Batang semakin lancar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin menuturkan bahwa program pengelolaan data statistik sektoral merupakan salah satu hal dalam menunjang keberhasilan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Batang.

“Keberhasilan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Batang tergantung dua hal yaitu data dan sistem, jadi Kabupaten Batang mempunyai basis data lengkap di berbagai bidang termasuk data sektoral di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ungkapnya.

Menurutnya, nantinya akan diadakan perlombaan setiap tahun bagi OPD di lingkungan Kabupaten Batang dengan kelengkapan data dan berbagai dimensi.

Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Eko Sri Darminto mengungkapkan, pengelolaan data di masing-masing OPD belum begitu maksimal, sehingga dengan adanya pendampingan dari Dinas Kominfo dan BPS harapannya dapat terdokumentasi untuk kebutuhan perencanaan dan informasi publik.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Batang Tina Wahyufitri menyampaikan pentingnya Bimbingan Teknis dalam mengelola data secara sektoral, maka petugas adalah orang yang sama yang nantinya akan berkesinambungan.

“Harapanya orang yang dikirim setiap OPD adalah orang yang sama nantinya akan bertugas mengolah data statistik karena setiap bintek akan diberi bimbingan cara pengolahan data yang ilmunya berkesinambungan”, tandasnya. 

Jika diperlukan, lanjutnya, BPS akan adakan pendampingan khusus untuk memperbaiki data di tingkat desa maupun OPD untuk menjadi Desa Sadar Statistik dengan pendampingan secara intens termasuk juga OPD. (MC Batang, Jateng/Novi)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial