Pasar Semende, Pasar Unik di Agro Wisata Selopajang Batang

Batang - Pasar Semende merupakan pasar yang dibuka untuk mengembalikan budaya kampung agar masyarakat tidak lupa dengan suasana kampung saat menyambut libur lebaran di Agro Wisata Selopajang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Selasa (11/6/2019). 

Pasar yang dibuka sejak tanggal 6-12 Juni 2019 ini tergolong unik. Uniknya, untuk transaksi jual beli di Pasar ini yaitu dengan menggunakan balok kayu sebagai alat pembayarannya. Untuk satu balok kayu senilai dengan Rp2.000,00, pengunjung harus menukarkan uang dengan balok kayu terlebih dahulu untuk membeli makanan.

Penanggung Jawab Pasar Semende Sigit Pramono mengatakan dibukanya pasar semende agar menjadi destinasi wisata Kabupaten Batang yang eksis dan berkembang terutama untuk daerah pegunungan.

“Selain kuliner makanan khas kampung di Pasar Semende juga ada edukasinya seperti baliho-baliho yang bertulis aksara jawa agar mengingatkan pengunjung pada masa dulu,” ujarnya.

Ia menyampaikan dibukanya Pasar semende sekaligus dapat dijadikan referensi tempat untuk berkumpulnya para komunitas kesenian tradisional.

“Pedagang yang berjualan di Pasar Semende adalah warga Selopajang yang sudah diberi pengarahan dan pelatihan terlebih dahulu,” terangnya.

Ia mengharapkan dengan adanya Pasar Semende dapat meningkatkan penghasilan warga Selopajang terutama kaum ibu yang rata-rata sebagai istri seorang petani dengan pendapatan tidak stabil. (MC Batang, Jateng/Roza).


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial