Saka Bhayangkara Dukung Operasi Ketupat Candi 2019

Batang - Karya Bakti Pramuka dalam pengamanan lebaran diberikan oleh Saka Bhyangkara pada Operasi Ketupat Candi tahun 2019 yang bergulir sejak 29 Mei dan berakhir 11 Juni. Partisipasi masyarakat telah disiapkan oleh Polsek Limpung, salah satunya dengan peran serta Saka Bhayangkara Polsek Limpung yang berada di Kecamatan Banyuputih dan Limpung .

Pos Polisi Banyuputih yang berada tepat di utara jalur pantura sudah ramai dengan hadirnya anggota Pramuka Saka Bhayangkara yang akan melaksanakan Apel Kesiapsiagaan dukungan dalam rangka operasi.

Saat dihubungi Kanit Binmas Polsek Limpung Polres Batang Rofi’i menyampaikan, seluruh anggota pramuka telah mempersiapkan fisik dan mental saat bertugas di Pos Pengamanan Banyuputih, Kabupaten Batang, Selasa (11/6/2019).

“Semua anggota Saka Bhayangkara yang bertugas agar mengikuti perintah Kepala Pos Pengamanan (Kapospam). Semuanya telah diatur sesua tugasnya masing-masing, alkhamdulilah dari awal hingga akhir operasi tidak terjadi masalah,“ ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan diatur sesuai jadwal yang sudah direncanakan, berkomunikasi dengan anggota Saka yang berada di jalur pantura dan di dalam kota Limpung.

“Pamong Saka dan instruktur selalu mengarahkan anak didiknya di lapangan, termasuk di Pos Terminal Limpung yang dilakukan pengalihan arus,” imbuhhnya.

Sementara itu, Pamong Saka Bhayangkara Pos Pengamanan Banyuputih Aiptu Ernawan menyampaikan, penerjunan Pramuka telah diagendakan setiap tahunnya.

“Kegiatan rutin saat pengamanan arus mudik dan balik dilaksanakan oleh Pramuka Saka Bhayangkara secara nasional untuk mendukung Kepolisian. Kegiatan itu diberi nama “Aksi Pramuka Peduli Karya Bakti Lebaran 1440 H”, serentak digelar di seluruh Jawa Tengah dengan semboyan “Setitik Bakti Lebih Baik Dari Sejuta Kata,” terangnya.

Ditemui secara terpisah, Kapolsek Limpung AKP Donni Krestanto, menyampaikan, dengan hadirnya adik-adik Pramuka Penegak di lapangan sangat membantu tugas Polisi.

“Kegiatan ini sebagai langkah pembelajaran dan mengaplikasikan Catur Krida Saka Bhayangkara yang telah diberkan secara rutin saat latihan. Apel tersebut menunjukkan kesiapan untuk terjun ke lapangan, yaitu di Kecamatan Limpung dan Banyuputih,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis