Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Batang Dengan “Bekerja”

Batang - Kementerian Pertanian (Kementan), melakukan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dengan memberikan bantuan berupa bibit ayam kampung unggul dengan sasaran Rumah Tangga Miskin (RTM) di Aula Kantor Bupati Batang, Kamis (11/7/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan, kegiatan ini adalah tahap uji coba, yang nantinya akan kita kembangkan. Melalui Program Bekerja diharapkan tingkat kemiskinan menurun dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

“Saya berharap kegiatan tersebut dikawal dan dilaksanakan semaksimal mungkin, baik oleh instansi pusat maupun daerah, sehingga berhasil serta meningkatkan taraf hidup masyarakat,” harapnya.

Dijelaskan program ini sebagai upaya pengentasan kemiskinan berbasis pertanian khususnya peternakan, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan meningkatkan gizi masyarakat dari hasil peternakan ayam. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang Sugiatmo, melaporkan untuk bantuan ternak ayam diberikan kepada 7.412 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang akan memperoleh 50 ekor ayam tiap RTM.

“Dari jumlah 7.412 RTM di Kabupaten Batang mendapatkan total ayam sebanyak 370.600 ekor dan tidak hanya mendapatkan ayam saja, tetapi juga mendapatkan pakan serta kendang,” jelasnya.

Ia berharap dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini, masyarakat akan dapat membangun cluster di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Reban dan Kecamatan Bawang, sehingga akan mendorong tumbuhnya agro industri. 

“Pembangunan berskala ekonomi menjadi tujuan utama program "Bekerja", karena kemiskinan akan berkurang saat roda ekonomi bergerak, sehingga begitu ditinggalkan kemiskinan, maka kemiskinan tidak terjadi lagi karena terbiasa berproduksi,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial