BPS Batang Launching Aplikasi DATAQ Untuk Melihat Data Strategis

Batang - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang melaunching sebuah aplikasi bernama “DATAQ”, yang dapat membantu para pengguna data melihat data-data strategis, sekaligus dilengkapi dengan informasi waktu rilisnya, supaya pengguna data dapat segera digunakan untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan.

“Merujuk pada tujuan Reformasi Birokrasi BPS tentang peningkatan kualitas layanan statistik BPS Kabupaten Batang untuk selalu berupaya memberikan pelayanan yang prima bagi pengguna data. Langkah inovatif dalam pelayanan kemudahan mendapatkan informasi statistik diwujudkan dengan sebuah aplikasi bernama “DATAQ”,” papar Kepala BPS Kabupaten Batang, pada kegiatan Focus Discussion Group Daerah Dalam Angka, di aula Hotel Sendang Sari Kabupaten Batang, Rabu (17/7/2019).

Tina menerangkan, aplikasi ini dapat diunduh melalui playstore dan di dalamnya berisi data strategis BPS seperti angka pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), angka kemiskinan, jumlah penduduk dan lainnya.

“Di dalam aplikasi itu, tercantum berbagai data strategis, link website, kontak person dan email serta informasi terbaru dari aktivitas yang sedang dilakukan oleh BPS Batang,” terangnya.

Dalam penyajikan data, Wakil Bupati Batang Suyono mengimbau agar semua pihak mampu untuk memberikan data yang mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan. Ketika sudah ada aplikasinDATAQ, tentu semua orang bisa mengakses data yang terdapat dalam “Batang Dalam Angka”.

“Menyampaikan data harus diikuti integritas yang tinggi, yaitu jujur, konsisten dan berani. Artinya memiliki keberanian untuk menulis data dengan benar,” ungkapnya.

Suyono mengharapkan, karena tata kelola data sangat penting, jangan sampai data diplesetkan, sehingga menjadi tidak akurat. Jika terjadi ketidakakuratan data, dampaknya akan timbul informasi yang tidak benar di kemudian hari.

“Integritaslah yang akan mampu membawa kesejahteraan masyarakat. Tanpa didorong integritas dari saat ini, ke depan Indonesia tidak akan menjadi bangsa yang baik,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial