Tanamkan Bela Negara dan Kedisiplinan Kepada Anak Didik

Batang - Peserta didik baru merupakan bibit-bibit yang akan menjadi pengganti untuk masa depan. Maka di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, pihak SMPN 3 Batang mengundang Kodim 0736/Batang untuk menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan dan nasionalisme di aula SMPN 3 Kabupaten Batang, Rabu (17/7/2019).

Kepala SMPN 3 Batang Bambang Purwantyono mengutarakan, materi dari Kodim 0736/Batang akan menimbulkan semangat kedisiplinan, terutama saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, baik di dalam maupun di luar kelas.

“Para siswa perlu ditanamkan rasa bela negara sedalam-dalamnya, karena di usia mereka yang belum begitu dewasa, membutuhkan bimbingan dan arahan bahwa sebagai putra-putri bangsa, harus bersiap membela tumpah darah Negara Indonesia,” tegasnya.

Bambang mengharapkan, sejak dini anak sudah memahami betul tentang segala sesuatu yang harus dilakukan demi membangun bangsa dan negara.

“Anak-anak juga diberikan materi tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB), supaya lebih meningkatkan rasa kedisiplinan, terlebih saat mengikuti upacara menjadi lebih khidmat,” ungkapnya.

Dengan kehadiran anggota Kodim 0736/Batang, Bambang mempunyai perasaan positif bahwa anak-anak akan lebih disiplin, tertib dan patuh terhadap aturan-aturan sekolah. 

“Anak-anak akan mempunyai semangat untuk berjuang meraih kesuksesan di masa depan,” pungkasnya.

Kasdim 0736/Batang Mayor Inf Raji mengharapkan, agar generasi-generasi penerus bisa membawa Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani seluruh dunia.

“Mumpung masih kelas VII, ini merupakan kesempatan baik untuk membimbing mereka supaya tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif,” ujarnya.

Lebih lanjut Kasdim menerangkan, sudah menjadi kewajiban bersama, untuk mengarahkan anak didik menjadi insan yang santun dalam berperilaku dalam kehidupan sehari dan dalam dunia maya.

“Anak-anak masa kini harus menjadi pribadi yang bisa mengendalikan diri saat menggunakan media sosial, karena jika tidak dalam pantauan guru dan kedua orang tua, akan berpengaruh buruk bagi kejiwaan anak,” terangnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial