Kampung KB, Program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Batang - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Batang, menggelar pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Batang, Selasa (13/8/2019).

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Batang Muchlasin mengatakan, pembangunan kampung KB harus berorientasi kepada delapan fungsi keluarga, yaitu fungsi agama, pendidikan, reproduksi, ekonomi, cinta kasih, sosial budaya, perlindungan dan pelestarian lingkungan.

“Kegiatan ini adalah dukungan khususnya dari desa, karena selama ini desa-desa belum memanfaatkan adanya kampung KB. Karena kampung KB itu arahnya untuk menurunkan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Muchlasin berharap kegiatan-kegiatan di kampung KB itu berjalan sesuai arah dan tujuan, sehingga desa itu bisa menjadi maju dan tidak tertinggal, karena desa yang dijadikan kampung KB itu adalah desa-desa yang kurang maju. 

Dalam kesempatan yang sama Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Batang Retno Dwi Irianto mengatakan cara membingkai sebuah program secara terintegrasi lintas sektor. 

“Apapun programnya bisa masuk karena indikatornya adalah sebuah kewilayahan setingkat Desa maka bagaimana nanti Pemerintah Desa bisa mengakses dana alokasi khusus yang bisa dikembangkan di setiap Kampung KB,” ujarnya.

Dijelaskan dana desa bukan hanya untuk kegiatan pembangunan insfrastruktur saja, namun juga yang paling penting adalah pemberdayaan masyarakat.jika pemberdayaan berhasil, maka akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. (MC Batang, Jateng/Jumadi)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial