Calon Kepala Desa di Batang Wajib Bebas Narkoba

Batang - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Batang, akan diselenggarakan pada 29 September 2019. Untuk lolos menjadi calon Kepala Desa, seseorang harus melewati beberapa persyaratan, salah satunya bebas dari narkotika. 

Tes narkotika untuk para calon kepala desa bisa dilakukan di Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batang, untuk mengetahui apakah para calon benar-benar bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Salah satunya adalah Arifudin, calon Kepala Desa Sawangan Kecamatan Gringsing, yang melakukan tes urine untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN). 

“Saya harap dengan adanya tes bebas narkoba, ke depan para Kepala Desa terpilih benar – benar bebas narkoba,“ kata Arifudin di Klinik Bina Sehat Mandiri, BNNK Batang, Senin (12/8/2019).

Ia juga berharap agar semua calon Kepala Desa bersaing secara sportif dengan melakukan tes bebas narkoba. Selain untuk persyaratan pencalonan kepala desa, SKBN juga dapat digunakan untuk persyaratan melamar pekerjaan, masuk kuliah, maupun mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS).

Sementara, penanggung jawab Klinik Bina Sehat Mandiri dr. Muhammad Zulkham Faza, menjelaskan, jenis narkoba yang dapat diketahui dengan cara tes urine antara lain, amfetamin, morfin, tetra hydro cannabinol (THC). SKBN sediri berlaku paling lama seminggu , karena bisa saja orang yang telah melakukan tes urine, mengkonsumsi narkotika setelah SKBN dikeluarkan.

’’Tes urine hanya bersifat saat itu saja bukan selamanya, paling lama seminggu’’ ujarnya. 

Dijelaskan, calon Kepala Desa dinyatakan negatif narkoba, apabila garis yang muncul pada alat tes urine berjumlah dua garis, begitu pula sebaliknya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial