Rahmat Allah Turun Disertai Derasnya Hujan di Makkah

MAKKAH - Setelah melihat berita dari salah satu televisi di Indonesia yang meliput tentang berita jemaah haji Indonesia yang masih berada di Makkah dan adanya hujan deras disana, dari Makodim 0736/Batang, Selasa (13/8/2019), Kepala Penerangan Kodim 0736/Batang Serka Edy Purnomo menghubungi Ustadz Anizar (Pengurus Pondok Pesantren Modern Tazakka) yang kebetulan masih berada disana untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Dalam konfirmasi yang disampaikan Ustadz Anizar melalui telephone, beliau menyampaikan, bahwa prosesi ibadah haji tahun ini sangat spesial, selama di Arofah dan Mina, Allah menurunkan rahmatNya melalui hujan yang mengguyur Arofah dan Mina.

“Kami sangat bersyukur, ibadah haji yang diprediksi pada puncak musim panas, ternyata sangat sejuk dan teduh,” tuturnya.

Di Arofah 9 Dzulhijjah/10 Agustus pada pagi hari sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat, cuaca panas, namun secara tiba tiba mendung dan turun hujan, sehinga pada sore hari sangat sejuk disertai angin sepoi-sepoi seakan akan seperti berada di Bandung.

Jamaah sangat menikmati cuaca yang Allah berikan ketika di Arofah, sangat sejuuuk, sehingga lebih khusyuk dalam berdoa dan memohon ampunan kepada Allah.

Di Mina, tanggal 10 Dzulhijjah/11 Agustus pun demikian, awan menyelimuti kawasan Mina sehingga jamaah berjalan kaki menuju Jamarot sangat teduh dan adem, sesekali rintikan hujan pun turun.

Tanggal 11 Dzulhijjah, siang hari sekitar pukul 14.00 waktu setempat, tiba-tiba hujan pun turun dan cukup deras.

Prosesi lontar jumroh sempat dihentikan oleh otoritas haji Saudi Arabia selama kurang lebih 1.5 jam, saat hujan deras turun, saya sempat keluar tenda melihat keadaan, yang ternyata aman dan terkendali dengan baik.

“Sore hari pukul 16.15, Saya dengan jamaah VIP Gaido melontar jumroh,” katanya.

Setelah lontar jumroh saya memisahkan diri bersama Kiai Oyong dan asatidz Tazakka lainnya (yang sedang berhaji atas undangan Duta Besar Saudi Arabia) menuju maktab 66 jamaah haji reguler, memasuki terowongan muaisim Mina, keadaan nyaman, aman dan udara sejuk.

Selesai memberikan tausiah dan nilai hikmah ibadah haji kepada jamaah haji binaan Tazakka, kami kembali dari maktab 66 menuju maktab 114 VIP melalui jalur yang berbeda, perjalanan kami tempuh 8 KM PP sangat aman, terkendali dan tidak ada kejadian apapun.

Jadi, berita atau video yang beredar tentang hujan deras di Arofah dan Mina tersebut, tidak berpengaruh pada prosesi ibadah haji 1440 H.

“Betul, hujan turun cukup deras, tapi tidak berdampak apapun terhadap mekanisme prosesi ibadah haji. Saya merasakan, haji tahun ini sangat spesial dan penuh dengan limpahan rahmatNya Allah,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)


Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial