LAPAN Jalin Kerjasama Data Citra Satelit Dengan Pemda Batang

BATANG- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyerahkan data penginderaan jauh ke Bupati Batang Wihaji di Meeting Room Bupati Jumaat, 15/9. Data citra satelit dri LAPAN tersebut dapat dimanfaatkan untuk sejumlah kepentingan kedepan untuk rencana pembangunan Kabupaten Batang.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, Data Citra Satelit yang merupakan data penginderaan jauh sangat banyak manfaatnya, data tersebut juga bisa di gunakan dan di manfaatkan beberapa OPD karena dapat melihat keseluruhan Kabupaten Batang maulai dari data rumah hingga pertanian dan lain sebagainya.

“Data merupakan salah satu Kekuatan membangun, karena  membangun apapun sekarang harus disertai  dengan data.” Kata Wihaji

Ia juga menuturkan, data penginderaan jauh data nantinya bisa dimanfaatkan OPD ( Organisasi Perangkat Daerah untuk mengatahui siapa saja yang belum membayar PBB, berapa masyrakat miskin kita yang menerima program Rumah Tidak Layak Huni bisa di kethui sampai detail.

“ Data pengindraan jauh sangat penting tergantung kita mau memanfaatkan seperti apa, apalagi kalau nanti bisa menggunakankan tiga dimensi yang perbandinganya mencapai 5 cm akan dapat kelihatan dengan jelas bisa dimanfaatkan apa saja seperti pertanian yang mengalami alih fungsi dan masih banyak fungsi dan manfaat lainya.

Bupati juga merencanakan kerjasama lebih lanjut dengan pihak LAPAN untuk memberikan bimbibingan teknis terkait dengan data penginderaan jauh kepada ASN ( Aparatur Sipil Negera) Pemerintah Kabupaten Batang, hal ini agar data tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh OPD.

“ Kita akan mengirim ASN atau kita akan mengundang LAPAN untuk memberikan bimbingan teknis cara membaca peta, setiap OPD minimal ada ASN yang bisa mengimpelemtasikan seperti di OPD perijinan ketika meminta ITR bisa kita lihat memang sesuai peruntukanya atau tidak.” Jelas Wihaji

Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN Ir. Dedi Irawandi menngatakan, Tugas LAPAN ini sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 yang meminta LAPAN wajib menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi pemerintah Indonesia dan disebarluaskan ke pemerintah.

“ Data itu disebarluaskan ke instansi pemerintah dalam negeri secara gratis sesuai kebutuhan masing-masing, Distribusi data yang telah dilakukan sejak 2015 ini terbilang penting untuk pembangunan dan permintaan daerah dan lembaga negara terkait citra satelit makin meningkat.” Katanya

Di jelaskan juga oleh Ir. Dedi Irawandi bahwa LAPAN sudah memeulia membangun kemampuan untuk menerima data untuk resolusi tinggi, dan sudah bisa merekam data yang lebih baik,  sehingga  penginderaan jauh yang beresolusi sangat tinggi dapat juga dimanfaatkan pemerintah daerah untuk perencanaan tata ruang yang lebih detail.

“ saya sangat apresiasi Bupati Batang yang akan memanfaatkan  teknologi yang pergunakan untuk membuat perencanaan, pemantauan pembangunan daerah, sehingga transparansi pembangunan yang dilakukan akan lebih baik apalagi ASN Batang bisa melakukan sendiri dengan mengupdate sendiri, karena kalau diserahkan kepada orang lain kurang maksimal

Disampaikan juga bahwa teknologi itu sudah ada dan data bisa dipergunakan oleh semua dan tidak berbayar, karena bagai LAPAN sangat penting untuk melibatkan ASN daerah untuk lebih memanfaatkan , hal ini bagi LAPAN tidak ada artinya apapaun kalau teman – teman di daerah tidak memanfaatkan data tersebut untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Batang.

“ kami harapkan daerah dapat memanfaatkan untuk meng update data sesuai kebutuhan, semisal untuk memberikan informasi fase padi yang setiap 6 bulan sekali, dan juga bisa untuk informasi ikan bisa tiap hari, dan juga bisa melihat bencana dan untuk pemetaan daerah mungkin bisa satu tahun atau enam bulan cukup.” Jelas Dedi Irawandi

Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis