Koramil 04/Bawang Gembleng Komponen Cadangan

Generasi muda adalah investasi bangsa di masa yang akan datang, dalam ajaran islam dijelaskan bahwa setiap sesuatu yang dilahirkan termasuk anak bangsa di dalam keadaan suci, berarti belum memakai dan mengikuti apapun yang dapat dijadikan sebagai identitas dirinya.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Serma Wasono saat memberikan materi Pasukan Baris Berbaris (PBB) bertempat di lapangan Dukuh Ngelak Desa Jambangan Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, Minggu (8/10).

Menurutnya, dengan dasar tersebut TNI secara umum dan Kodim 0736/Batang sebagai pembina potensi teritorial di wilayah Kabupaten Batang memandang bahwa upaya penyelamatan generasi bangsa dari pengaruh ideologi dan budaya asing sangat diperlukan agar generasi muda selamat dari pengaruh negatif yang sengaja dihembuskan oleh pihak asing dalam usaha pelemahan bangsa.

“TNI dan Polri sebagai komponen utama tak henti - hentinya menanamkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda melalui sekolah - sekolah dan organisasi di luar sekolah seperti yang dilakukan oleh anggota Koramil 04/Bawang kepada para peserta Diklatsus CBP dan KPP Koorcab Batang,” terang Serma Wasono.

Setelah pemberian wawasan kebangsaan di dalam ruangan, Serma Wasono memberikan materi PBB dengan maksud membentuk disiplin peserta juga diberikan materi bela diri guna memberikan bekal dalam usaha bela negara sebagai komponen cadangan.

Para peserta Diklatsus mengikuti kegiatan dengan serius dan senang terlihat walaupun di tempat yang cukup jauh dari keramaian kota yakni di bawah lereng Gunung Perahu yang menjadi pembatas antara Kabupaten Batang dengan Kabupaten Banjarnegara, mereka bertelanjang dada bak serdadu yang sedang mengikuti pendadaran dari para pelatihnya. (Heri/McBatang).
Catatan : tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis

Bagikan ke Jejaring Sosial